SEDEKAH RUKUN DESA BATUKALI

foto Petinggi dan perangkat Desa

SEDEKAH RUKUN DESA BATUKALI

Salah satu adat istiadat yang saat sekarang masih di lestarikan di Desa Batukali Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara adalah kegiatan “SEDEKAH BUMI” atau sedekah rukun. tradisi yang merupakan kegiatan rutin ini selalu dilakukan oleh Pemerintah Desa Batukali beserta warga Desa setiap habis musim panen padi pada musim tanam ke dua di hari Rabu pahing*(pasaran jawa) hal ini di lakukan sebagai bentuk wujud syukur pemerintah Desa serta  warga desa kepada Allah SWT atas pemberian hasil panen yang melimpah.

SEDEKAH RUKUN DESA BATUKALI

pada awalnya kegiatan sedekah rukun ini dilakukan dalam bentuk pertunjukan wayang kulit sehari semalam dan dilakukan di rumah petinggi/ Kepala Desa. namun dalam perjalanannya kegiatan sedekah rukun di kemas dalam kegiatan nuansa islami seperti kegiatan Khataman Alquran, kegiatan tahlilan dan pembacaan sholawat nabi diiringi rebana yang di ikuti oleh seluruh kepala keluarga yang ada namun tetap mempertahankan pertunjukan wayang kulit sehari semalam dan di laksanakan di pendopo balai Desa Batukali.

SEDEKAH RUKUN DESA BATUKALI

secara rinci Rangkaian kegiatan sedekah bumi dapat digambarkan sebagai berikut :

besik punden (bersih-bersih punden desa)
  • Kegiatan yang di awali dengan acara “besik punden” yaitu kegiatan bersih- bersih punden Desa yang di laksanakan oleh warga pada hari senin kliwon ini sebagai wujud kegotong royongan warga. dahulu setelah kegiatan  besik punden para petani di wilayah Batukali tidak berani melakukan kegiatan mencangkul tanah, hal ini sebagai bentuk penghormatan pada bumi sampai acara sedekah bumi selesai.

    penyembelihan kerbau bule untuk sedekah bumi
  • pada hari selasa legi diadakan  penyembelihan kerbau bule di rumah Petinggi, kerbau ini nantinya akan digunakan sebagai selamatan (khajatan) seluruh kepala keluarga pada hari selasa malam.setelah kerbau di sembelih pemangku adat mengambil beberapa potong bagian dari kerbau bule seperti : kulit, kaki, daging, hati, mata, cingur untuk digunakan sebagai “kalak” (sesaji) yang akan di bawa ke punden Desa.
  • pada malam harinya yaitu selasa malam rabu diadakan selamatan seluruh kepala keluarga yang di isi dengan tahlilan dan pembacaan sholawat.
  • puncak kegiatan sedekah bumi diadakan pada hari rabu pahing dengan mengadakan pagelaran wayang semalam suntuk. selain pertunjukan wayang yang di nanti masyarakat adalah kegiatan siweran dan selamatan di punden Desa.

Penulis/Editor : Ahmad Budi Yanto (Head of planning affairs)

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan