DESA BATUKALI SELAYANG PANDANG

DESA BATUKALI SELAYANG PANDANG

Letak Geografis Desa Batukali berada di bagian selatan Kabupaten Jepara berjarak kurang lebih 18 km dari pusat Pemerintahan Kabupaten masuk dalam wilayah Administrafif Kecamatan Kalinyamatan. Dengan luas wilayah 322 ha Desa Batukali memiliki batas wilayah sebelah Utara : Desa Sendang kec Kalinyamatan, sebelah Selatan : Desa Ujung Pandan Kec Welahan, sebelah  Barat : Desa Gerdu Kec Pecangaan, sebelah Timur : Desa Manyargading Kec Kalinyamatan.permukiman Desa terdiri dari 15 Rt dan 4 Rw,meliputi 2 wilayah yang meliputi Kamituwo I dengan 2 Rw dan 8 Rt di bagian timur dan Kamituwo II dengan 2 Rw dan 7 Rt dibagian Barat.dengan jumlah penduduk 1810 jiwa (*profil Desa 2017) yang hampir sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani atau buruh tani.

DESA BATUKALI SELAYANG PANDANG

Secara Topografi dan klimatologi Desa Batukali merupakan dataran rendah dari 9-17 DPL dengan suhu udara terendah 21,55 0C dan tertinggi sekitar 33,71 0C. dengan kelembaban udara rata rata 84 %.musim penghujan antara bulan Nopember-April di pengaruhi oleh musim barat.sedang musim kemarau antara bulan Mei-Oktober di pengaruhi angin musim Timur. sedang jumlah curah hujan 2464 mm. dengan jumlah hari hujan 89 hari.

DESA BATUKALI SELAYANG PANDANG

Letak Desa Batukali yang berada di dataran rendah  membuat Desa Batukali banyak dilalui sungai, secara hidrologi desa ini memiliki kedalaman air tanah rata-rata 5-15 m’ dari permukaan tanah. air tanah yang ada  berasa (payau).sungai utama yang melalui Desa 1. Sungai Kaweden yang melewati perkampungan yang berhulu di Desa Gemulung Kecamatan Pecangaan 2. Sungai SWD II membelah wilayah Desa ( khususnya kawasan persawahan) menjadi 2 bagian sebelah utara SWD II dan sebelah selatan SWD II.sungai yang berada di selatan SWD II diantaranya sungai karangpandan, jembar, kangkungan, Genengan, Nganti, dan Ngebei yang sumber alirannya berasal dari wilayah Batealit,Nalumsari dan mayong (kawasan Muria).

DESA BATUKALI SELAYANG PANDANG

Secara Geologi kontur wilayah Desa Batukali semua rata tidak ada kemiringan yang signifikan. ini adalah sebuah potensi bahwa dalam pelaksanaan pembangunan akan mudah.jenis tanah yang ada adalah tanah Aluvial/ tanah endapan yang sangat cocok untuk kegiatan pertanian dan memiliki tingkat kesuburan yang sangat tinggi.

DESA BATUKALI SELAYANG PANDANG

Penggunaan lahan di Desa batukali terdiri dari dua jenis yang dominan yaitu untuk lahan pemukiman dan fasilitas umum (7 %) untuk kegatan pertanian lahan yang digunakan (75%). sisanya adalah lahan irigasi dan lain-lain.


Penulis/Editor: Ahmad Budi Yanto

Head of planning Affair

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan